Dengan mengucapkan syukur
Allhamdullah hirobbil ‘alamin setelah diterimanya sertifikasi ISO untuk
PT. Tisaga Multazam Utama pada tanggal 22 Desember 2015, Sebelum sertifikat ISO
direkomendasikan, dilakukan audit komprehensif terhadap semua karyawan. Hal ini
dilakukan untuk melihat apakah sistem manajemen mutu yang diterapkan telah
sesuai dengan persyaratan yang terdapat pada ISO 9001:2008. Penetapan tujuan,
implementasi proses dan pemantauan pengukuran turut diperiksa apakah telah
terlaksana dengan baik. Juga, tindakan perbaikan atas ketidaksesuaian dan
peluang improvement untuk perbaikan berkelanjutan ditinjau pelaksanaannya.
ISO 9001 adalah Quality
Management System, atau sistem penjaminan mutu, merupakan suatumekanisme
standar yang disusun, disepakati, dan diterapkan oleh suatu organisasi
dalammenjalankan aktivitas suatu Organisasi. Sistem ISO 9001 secara detail akan
menjelaskan bagaimana perusahaan beroperasi. Bagaimana perkerjaan mengalir dari
satu aktifitas ke aktifitaslain. Penanganan pekerjaan mulai dari customer,
input ke dalam masing-masing proses, danoutput yang dihasilkan dari setiap
proses. Parameter-parameter fisik dari hasil pekerjaan, yangmenentukan apakah
hasil tersebut memenuhi prasayarat kualitas yang telah di tentukan dan
disepakati atau belum.
Penerapan & Implementasi
ISO 9001 tidak hanya sekedar copy paste prosedur yang ditetapkan, jika
perusahaan ingin mendapatkan nilai tambah dari pada system ISO 9001 maka
implementasiharus benar - benar dijalankan secara maksimal dan perlu komitmen
manajemen yang bagus. olehkarnanya tugas dari pada seorang konsultan ISO 9001
tidak hanya sekedar bisa menerapkansystem ISO di perusahaan terkait namun
seorang konsultan ISO 9001 harus mampu memotivasi& berinovasi ke perusahaan
terkait sehingga manfaat ISO 9001 benar – benar bisa di rasakan oleh seluruh
karyawan & perusahaan.
Manfaat Penerapan ISO
9001:2008 adalah :
• Meningkatkan Kepercayaan
Pelanggan
• Jaminan Kualitas Produk dan
Proses
• Meningkatkan Produktivitas
perusahaan & “market gain”
• Meningkatkan motivasi, moral
& kinerja karyawan
• Sebagai alat analisa
kompetitor perusahaan
• Meningkatkan hubungan saling
menguntungkan dengan pemasok
• Meningkatkan cost efficiency
& keamanan produk
• Meningkatkan komunikasi
internal
• Meningkatkan image positif
perusahaan
• Sistem terdokumentasi
• Media untuk Pelatihan dan
Pendidikan
ISO 9001 : 2008 berisi
standard / elemen yang memungkinkan organisasi / industry dalam melakukan
perbaikan yang berkesinambungan ( Continual Improvement ) pada :
1. Proses yang terkait dengan
pelangan
2. Sistem Kepemimpinan /
Leadership
3. Manajemen sumber daya
4. Perbaikan dan peningkatan
proses
5. Sistem manajemen
6. Sistem perbaikan yang
berkesinambungan
7. Pengambilan keputusan yang
Factual
8. Hubungan saling
menguntungkan dengan pemasok
Rekomendasi sertifikat ISO
merupakan salah satu bukti komitmen Tisaga Multazam Utama menyediakan kualitas
layanan terbaik dan menjadi kesempurnaan dan kenyamanan dalam beribadah.
Diraihnya rekomendasi ISO merupakan hasil dari kerja sama tim yang baik. Semoga
prestasi ini dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan, serta dapat menjadikan
Multazam Group sebagai perusahaan Tour and Travel yang terdepan. maka dengan
ini PT. Tisaga Multazam Utama akan menjadi lebih baik lagi dan memberikan
pelayanan yang terbaik kepada costumernya.
No comments:
Write komentar